Kota Solo dikelilingi enam kabupaten sebagai soko guru penopang utama pariwisata Solo raya. Kekayaannya sangat variatif, mulai dari gunung, pantai, hutan, wisata air, hingga kearifan lokal. Salah satunya adalah Wonogiri, kabupaten dengan sejuta potensi namun masih tersembunyi. Wono berarti ‘hutan’ dan Giri adalah ‘gunung’ ternyata memiliki banyak warna dalam setiap jengkal tanahnya. Wonogiri menjadi satu-satunya kabupaten dalam wilayah Solo Raya yang memiliki garis pantai selatan.

gunung-sewu20-tulisan-geopark-gunung-sewu-dan-warga-yang-pulang-dari-mencari-pakan-ternak
Source: Mongabay.co.id

Wonogiri memiliki jajaran Gunung Sewu yang ditetapkan sebagai kawasan Geopark Dunia ke-100 oleh UNESCO tahun 2015. Hal ini membuktikan bahwa Wonogiri memiliki karakteristik unik, namun belum cukup tersohor. Sebut saja aliran sungai Bengawan Solo Purba yang sangat terlihat jelas jalurnya di wilayah kecamatan Pracimantoro. Lokasi ini merupakan sebuah situs kawasan yang orisinil dan memiliki nilai historis, edukasi serta wisata yang masih dapat kita telusuri hingga sekarang.

museum-kars-wonogiri_20151207_181550
Source: Tribun Jateng

Mulanya, muara Bengawan Solo Purba menuju pantai Sadeng di kabupaten Gunung Kidul. Aliran yang semula mengarah ke selatan berbalik arah menuju ke utara Jawa karena aktivitas Geologi. Situs tak ternilai ini oleh pemerintah disajikan secara apik dalam Museum Karst Indonesia yang terletak di Pracimantoro. Museum ini terbuka lebar bagi siapapun untuk mengaksesnya. Semua hal tentang geologi wilayah Pegunungan Sewu dapat kita dapati dan pelajari di sini.

12407704_899840303469712_1522765060_n
Source: ulinulin.com

Sejauh mata memandang, kita seakan dibentengi oleh view arsitektur perbukitan. Sisi timur yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Ponorogo, provinsi Jawa Timur memiliki karakter lansekap bukit yang apabila kita berada di puncaknya nampak cakrawala luas yang eksotis. Potensi ini dieksplorasi oleh masyarakat dan pemerintah sebagai calon-calon destinasi wisata unggulan. Sebut saja, Bukit Cumbri, Bukit Secokro, Bukit Besek, Bukit Watu Lawang dan masih banyak lagi bukit dengan beragam keunikan.

foto puncak secokro wonogiri
Source: sportourism.id

Mencatat perjalanan di kota Wonogiri tak ayal akan membuka aura dan keelokan kabupaten ini dengan segala nilai wonderfulnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here