Main ke Klaten, tepatnya di daerah Juwiring terdapat salah satu pusat kerajinan payung lukis tradisional yaitu Payung Lukis Ngudi Rahayu.

Lokasi ini merupakan sentra perajin payung yang saat ini eksistensinya mulai kembali beranjak mendunia.pengrajin-payung-21

Pasalnya, dahulu Juwiring memiliki satu pabrik payung yang mengalami masa kejayaannya tempo dulu. Payung dengan kualitas terbaik berasal dari Juwiring, Klaten ini.

Pada tahun 1960-an, Juwiring memiliki “Pabrik Payung Pinda Aneka”. Di masa keemasannya, pabrik ini mampu memproduksi puluhan ribu payung.

Hasil kerajinan masyarakat Juwiring ini diekpor ke beberapa daerah baik dalam maupun luar negeri.pengrajin-payung-2

Namun, perkembangan zaman membuat payung tradisional ini kalah bersaing dengan payung dari China yang lebih modern berbahan plastik.

Berdasarkan salah satu foto arsip dari store.tempo.co menyebutkan bahwa pabrik payung Pinda Aneka telah ditutup pada tahun 1984.

Pabrik Pinda Aneka ini hampir sama dengan sistem koperasi yang menampung produk payung-payung buatan warga Juwiring untuk dijual ke pembeli.

Paguyuban Payung Lukis Ngudi Rahayu

Seakan ingin mengulang kejayaan Pabrik Payung Pinda Aneka, Ngadiyakur, Ketua Paguyuban Payung Lukis Ngudi Rahayu ini optimis produknya mampu mempertahankan eksistensinya di bidang ekonomi kreatif daerah Klaten.

Kelompok Industri Kreatif atau Paguyuban Payung Lukis Tradisional ini berlokasi di Dusun Gumantar, Desa Tanjung, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten. pengrajin-payung-3

Ngadiyakur, seorang perajin payung yang memulai usahanya sejak 1998 memfokuskan diri dalam pembuatan payung di tahun 2006. Kemudian di tahun 2013, ia membentuk Paguyuban Payung Lukis Ngudi Rahayu.

Kementrian Pariwisata pun tidak mengabaikan keberadaan industri kreatif ini. Beberapa waktu lalu, Ngadiyakur dengan dukungan Kementrian Pariwisata mengaku telah memamerkan karyanya hingga Dubai, Berlin, dan Thailand.

Proses Pembuatan Payung Lukis

Suara desing mesin pemotong kayu meliputi pembuatan payung tradisional Juwiring. Kayu yang digunakan berupa kayu mahoni, kayu kenanga, bambu wulong.pengrajin-payung-5

Selain, bahan baku kayu juga ada kain dan kertas. Tangan terampil para perajin payung makin mempercantik tampilan payung ini.

Proses pembuatan payung lukis dimulai dari pembuatan rangka. Selain itu, terdapat istilah khusus dalam proses pembuatan payung lukis.pengrajin-payung-9

Romia Ganes, dalam sebuah penelitiannya tentang “Kerajinan Payung Tradisional di Gumantar, Juwiring, Klaten Jawa Tengah” memerikan deskripsi tentang beberapa istilah pembuatan payung.  Beberapa istilah dalam pembuatan payung di antaranya:

  1. Bungkul (bagian dari kerangka payung yang gunanya untuk menggabungkan sanggan dan sodo agar payung terbuka dengan sempurna).
  2. Pembuatan tangkai.
  3. Mayu (menempelkan kayu rangka dengan kain).
  4. Mlipit (bagian kain yang tersisa pada luar rangka dilipat kedalam agar rapi).
  5. Nyulam (menyulam pada bagian sodho dan sanggan).
  6. Gombyoki (pemasangan aksesoris pada payung).
  7. Perakitan payung (pada payung susun, disusun dari atas kecil ke bawah besar).
  8. Pemasangan tangkai.
  9. Pemasangan menur.
  10. Finishing (plitur dan cat). Tangan terampil para perajin payung yang melukis satu demi satu secara manual payung tradisional pada tahap akhir ini.

Sriyono, salah seorang perajin kerangka payung lukis menuturkan “Dari perajin payung memberi waktu sekitar 7—10 hari untuk pembuatan rangka.” Ia mengaku dapat menyelesaikan pesanan 200—500 kerangka dalam waktu kurang lebih satu minggu.pengrajin-payung-4pengrajin-payung-11Payung Dekoratif dan Payung Fungsional

Payung Lukis Ngudi Rahayu ini memproduksi aneka jenis payung. Saat ini, tidak ada batasan jenis payung apa saja yang akan dibuat.pengrajin-payung-16

pengrajin-payung-15

Sebagaimana yang sudah diproduksi di Juwiring, Ngadiyakur mengaku tidak menolak tawaran dari pemesan. Selama dirinya mampu, pesanan akan diproduksi baik payung agung (untuk payung kebesaran di acara keraton), payung untuk upacara ritual, seperti pemakaman, acara kirab dan sebagainya. Bahkan payung-payung tari untuk anak-anak sekolah menari. Payung dekoratif, oke. Payung fungsional pun, oke.pengrajin-payung-18

Perajin payung di Juwiring ini terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok pembuat kerangka dan kelompok perajin payung yang menempelkan kain atau kertas di kerangka payungnya.   pengrajin-payung-20

Sebagai industri rumahan, tercatat terdapat 20 Kepala Keluarga menjadi bagian dari kelompok pembuat kerangka payung juga 30 Kepala Keluarga menjadi perajin payungnya.pengrajin-payung-6

Payung Lukis Ngudi Rahayu memproduksi berbagai model payung lukis dengan harga berkisar Rp25.000,00 hingga jutaan rupiah. Jadi mau belanja kerajinan payung lukis Juwiring Klaten?

Ayo ke Solo!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here