Wisata di Solo: Museum Keris Nusantara

0
28

Wanderers, ada destinasi wisata baru nih di Solo, namanya ‘Museum Keris Nusantara’. Museum yang berisi koleksi keris dari berbagai daerah diresmikan Presiden Joko Widodo belum lama ini, di 9 Agustus 2017 lalu.

Pembangunan museum ini dimulai 2013, dan kini bisa kita kunjungi lho, Wanderers. Oiya, gratis tiket masuk alias free-entry hanya sampai 31 Agustus 2017. Lokasinya di Jalan Bhayangkara No.2 Solo, 57141. Tepat di belakang Stadion Sriwedari R.Maladi, stadion legendaris di kota Solo, dimana Pekan Olahraga Nasional (PON) Indonesia pertama kali diselenggarakan.

Beragam koleksi keris dari seluruh Nusantara ada di Museum Keris. Mulai dari jaman kerajaan Jenggala hingga masa kini. Koleksinya ada sekitar 338 bilah baik keris, tombak maupun pedang. Dan masih ada tambahan lagi keris pinjaman dari kolektor berjumlah 32 keris.

Menurut Bambang Tuko Wibowo, salah satu staf Museum Keris Nusantara juga turut menghibahkan keris koleksinya, koleksi keris didominasi dari hibah masyarakat. Keris yang merupakan hibah dari pada kolektor ataupun pribadi diseleksi oleh para kurator. Keris yang tidak dibuat berdasarkan pakem (aturan baku) pembuatan keris tidak dijadikan koleksi Museum Keris ini.

Museum yang terdiri dari 4 lantai ini cocok menjadi destinasi wisata edukasi, sejarah juga wisata budaya. Lantai 1 atau Wedharing Wacana (Pintu Utama, Loket, Informasi, Kantor, Ruang Audio), Lantai 2 Purwaning Wacana (Ruang Pamer, Ruang Bermain Anak, Ruang Restorasi Keris, Perpustakaan), Lantai 3 Cipta Adiluhung (Ruang Diorama, dan Rest Area), serta Lantai 4 (Ruang Kreativitas dan Storage).

Di Museum Keris ini, bahkan tersimpan koleksi milik Presiden Joko Widodo yang kabarnya bernilai miliaran rupiah. Penasaran?

Selain koleksi keris dipamerkan, ada perpustakaan dengan beragam koleksi buku tentang keris. Peneliti atau mahasiswa yang ingin memperdalam tentang keris, tentu akan sangat dimudahkan dengan adanya Museum Keris ini.

Catat jam operasional Museum Keris Nusantara ini ya, Wanderers! Karena museum ini tutup di hari Senin. Namun, di hari lain beroperasional buka di waktu-waktu ini saja yaitu Selasa-Kamis, 09.00—15.00, Jumat 08.30—11.00, Sabtu 09.00—15.00, Minggu 09.00—13.00, hari Senin libur.

Jika kamu mengunjungi Museum Keris Nusantara, jangan lupa mampir kulineran di belakang Sriwedari ya. Cicip kuliner sate khas Solo, Sate Kere Yu Rebi.

Jadi, kapan mau ke Solo, Wanderers?

Wonderful Solo, Ayo ke Solo!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here