Wajik & Krasikan: Cita Rasa Jenang, Oleh-Oleh Kota Solo!

0
726

Buat kamu yang berkunjung ke Kota Solo, belum lengkap rasanya jika tidak membawa pulang oleh-oleh yang satu ini. Kuliner yang satu ini terkenal dengan rasa yang manis dan legit saat digigit. Namanya Jenang.

jenang-krasikan-8 jenang-krasikan-9

Salah satu produsen Jenang yang terkenal di Solo adalah “Jenang Asli” milik Pak Harso Mulyono. “Jenang Asli” buatan Harso Mulyono ini menjadi salah satu incaran masyarakat saat ingin mencari oleh-oleh jenang.

Rasa manis asli dari gula merah dan gula pasirnya menjadi ciri khas tersendiri. Selain menjadi oleh-oleh, jajanan khas Solo ini juga sering dijadikan sajian saat acara pernikahan.

“Jenang Asli” milik Pak Harso Mulyono ini memproduksi Jenang Wajik, Jenang Krasikan dan Wingko Babat.

jenang-krasikan-1 jenang-krasikan-2 jenang-krasikan-3 jenang-krasikan-4

Bahan yang disiapkan untuk membuat jenang adalah beras ketan, gula jawa dan kelapa. Beras ketan dimasak menggunakan kuali tanah kemudian digiling dengan alat penggiling.

Sementara gula jawa dan kelapa dimasak dalam satu wajan hingga tercampur dan membentuk adonan kurang lebih satu jam. Setelah adonan kelapa dan gula jawa menggumpal, adonan didiamkan beberapa saat. Lalu adonan dicampur dan diaduk merata dengan butiran lembut ketan yang sudah digiling. Adonan yang sudah dicampur diaduk-aduk kembali dan akhirnya dimasukkan ke loyang atau cetakan. Setelah adonan dingin, jenang diiris dan dikemas dalam plastik.

jenang-krasikan-7 jenang-krasikan-6

Hmm, rasanya ingin mencicipi langsung legit dan manisnya jenang yang satu ini. Kalo kamu ingin membeli jenang wajik ini sebagai oleh-oleh, kamu bisa datang langsung ke produksi “Jenang Asli” di Randusari RT 01 RW 01, Joho – Sukoharjo (Selatan Terminal Bis Sukoharjo) Telp (0271) 591020 Harso Mulyono.

Ayo Ke Solo!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here