Waduk Gajah Mungkur, Destinasi Wisata Keluarga di Wonogiri yang Low-Cost Tapi Tetap Seru

0
473

Hei warga Solo dan sekitarnya, lagi bingung cari tujuan piknik bersama keluarga? Wisata ke Waduk Gajah Mungkur aja. Selain murah, terjangkau, dekat aksesnya dari Solo dan punya view yang berbeda dengan wisata di kota Solo dan sekitarnya.

Apa saja sih yang bisa kamu lakukan di Waduk Gajah Mungkur? Macem-macem, Guys. Ternyata di Waduk Gajah Mungkur punya beragam wahana. Tinggal pilih saja, mau naik perahu motor mengelilingi waduk seluas 8800 hektar bisa, mau canyoning bisa, speed boat pun ada. View-nya asik.

Langit yang cerah, genangan air yang membentang luas, dan barisan awan yang cantik jadi pemandangan sepanjang berkeliling dengan perahu motor. Belum lagi pemandangan bukit-bukit sepanjang mata memandang ke hamparan waduk.Meskipuncuaca di sini terbilang cukup panas menyengat saat siang hari sih.

Wisata air perahu motor di Waduk Gajah Mungkur dikenai tarif Rp7.000,-orang. Untuk menuju Karamba tarif kapaltarif 80.000/orang rute pulang pergi dan menuju bendungan 120.000/orang.Jangan lupa pakai lifeguard atau baju pelampung demi keselamatan ya.

Waduk Gajah Mungkur ini merupakan waduk buatan terbesar di Solo Raya. Bahkan, terdapat referensi mencatat bahwa waduk atau bendungan ini terbesar se-Asia Tenggara.

Terang saja, terdapat sejarah di balik cerita tentang perpindahan penduduk dalam jumlah besar di tahun 1976-1980 masa rezim Soeharto. Namanya Bedhol Desa. Ratusan Kepala Keluarga atau tercatat ribuan jiwa bedhol desa ke beberapa daerah di Sumatra. Tentu saja dengan penggantian lahan serta rumah tinggal yang telah disiapkan di tempat transmigrasi.

Bisa terbayang, kan? Betapa pengorbanan masyarakat Wonogiri bersedia meninggalkan tanah kelahirannya. Pengorbanan yang berbuah manis ketika akhirnya waduk ini dapat menjadi floodcontrol (pengendali banjir) dan berbagai manfaat lain seperti debit air yang tinggi menjadi supply untuk pembangkit listrik tenaga air, perairan sawah, sumber perikanan dan juga wisata.

Selain canyoning dansp ed boat, ada juga fasilitas lain berupa rumah makan apung, kebun binatang, waterboom, rumah jungkir balik, dan taman bermain anak.Sebagai tujuan perahu motor ada karamba.  Karamba ini dibangun masyarakat untuk memelihara ikan. Tidak hanya bisa melihat, berinteraksi dengan ikan-ikan dari mulai pembenihan hingga siap panen, tetapi kamu seakaligus bisa mencicipi ikan-ikan ini setelah diolah di rumah makan apung di sekitar Waduk Gajah Mungkur.

Wonogiri atau yang dikenal sebagai kota gaplek ini perlu jadi destinasi wisatamu. Jangan lupa mampir piknik ke Waduk Gajah Mungkur ya, wisata low-cost tapi tetap seru.

Wonderful Solo, Ayo ke Solo!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here