Tahu Kupat ‘Sido Mampir’ Solikhin: Kuliner di Solo Wajib Dicoba

0
55

Mau makan kuliner khas Solo? Tahu Kupat ‘Sido Mampir’ Solikhin wae, Guys. Pengen tahu apa aja isi tahu kupat khas Solo? Cita rasanya juga khas Solo, manis gurih, ada pedes, dan ada kriuk-kriuknya. Hayo penasaran rasanya kan?

Tahu kupat ‘Sido Mampir’ Solikhin ini terletak tidak jauh dari area Stasiun Balapan. Kurang lebih 500 m dari pintu keluar stasiun ke sisi Utara menuju area jalan utama Slamet Riyadi. Di pojok perempatan, terdapat sebuah masjid bernama Masjid Sholikhin. Tahu kupat di sini lebih terkenal dengan Tahu Kupat Solikhin karena lokasinya berada di deretan depan masjid Solikhin. Tahu kupat meski bukan menu nasi, namun cukup mengenyangkan. Kupat yang dimaksud adalah ketupat diiris dan disajikan di atas piring. Selain ketupat ada irisan tahu yang digoreng sebagai bahan utama tahu kupat. Tahunya fresh from the ‘wajan’ dan enak dimakan selagi hangat.


Ketupat, ketemu tahu goreng, tauge, irisan kol, irisan bakwan, mie kuning, plus kacang goreng. Kuahnya kuah kecap dan air bawang yang diletakkan di tempat berbahan gerabah. Maknyus deh. Tak ketinggalan, taburan seledri. Selain isiannya, kita pun bisa request pedesnya, rawit utuh atau rawit ulek. Yang membuat tahu kupat di sini makin ngangeni ada Telur Goreng ditambah di atasnya. Aroma telor goreng sambil menunggu pesanan datang, wah ngawe-ngawe alias bikin laper.

Tak heran jika Tahu Kupat Sido Mampir jadi favorit banyak pecinta kuliner Solo. Jadi jangan berebut tempat duduk ya. Disekecakne, bos. 

Warung Tahu Kupat “Sido Mampir” ini ada sejak 1987. Proses masaknya pun masih tradisional menggunakan anglo dan areng. Bikin masakan makin sedep. Selain itu, ada live music-nya musisi Solo bergitar lho.

Buat yang penasaran icip ke sini, langsung aja ke Jalan Gajah Mada 95 Punggawan, Banjarsari (sebelah Selatan Masjid Solikhin).Harga Tahu Kupat mulai Rp 9.000, dan cukup Rp 11.000 buat tambahan telur goreng. Buka setiap hari pukul 07.00-18.00 WIB.

Kalau ke Solo, mampir aja ke Tahu Kupat ‘Sido Mampir’ Solikhin. Cita rasa khas Solo manis gurih di tahu kupat telor bakalan bikin kangen.

Jadi, kapan mau ke Solo?

Wonderful Solo, Ayo ke Solo!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here