Konon katanya, Sate masuk salah satu deretan Indonesian food we can’t live without. Makanan khas Indonesia ini memang sudah lekat dengan cita rasa di lidah penikmatnya. Satu warung sate yang istimewa ada di Solo, guys. Sate Kere Yu Rebi.

sate-kere-yu-rebiKuliner Khas Solo Sate Kere

Irisan daging, aroma sedap khas daging yang dibakar dengan asap mengepul dari di atas bara api bakal menggoda banget buat perut kamu. Coba saja lewat daerah Jalan Kebangkitan Nasional Kios 1-2 Teposanan, tepatnya di belakang Stadion Sriwedari Solo. Di sana, jangan kaget kalau kamu akan tergoda buat mampir icip-icip kuliner khas Solo ini saat mencium aroma sedap dari salah satu warung sate terkenal di Solo, namanya Sate Kere Yu Rebi.

sate-yu-rebi-1

Sate Kere, sate yang diolah dari bahan daging sapi ini tidak hanya dagingnya saja lho. Istimewanya justru karena sate ini bukan hanya dari daging, tapi jeroan sapi (bagian dalam tubuh sapi). Di situlah letak ‘Kere’-nya. Kok bisa? sate-yu-rebi-2

Daging identik dengan sesuatu yang mahal dan hanya orang kalangan menengah atas saja yang bisa membelinya. Dari situ, nama Sate Kere muncul. ‘Kere’ sebutan untuk masyarakat miskin atau kalangan bawah. Meski Kere, tetap Hore. Hore, karena sate jeroan ini nggak sendiri. Sate Jeroan ditemani Sate Gembus. Gembus adalah ampas atau sisa pembuatan tempe. Bayangkan ada daging, iso, babat, limpa, paru, ati, usus, ginjel, torpedo, kikil, tempe gembus dihidangkan bersama dalam satu piring di atasnya ada sambel kacang, irisan cabe rawit dan kecap. Mantep kan? Miroso tenan.

sate-yu-rebi-3

Sate Jeroan biasanya memang sering dihindari bagi sebagian besar orang. Yes, Welcoming Kolesterol! Tapi jangan sedih, yang ngaku pecinta kuliner dan hobi jalan-jalan wajib cobain cita rasa Sate Kere Yu Rebi ini deh. Yu Rebi punya cara spesial buat menyajikan jeroan sapi. Sebelum dibakar, bahan dibumbu bacem terlebih dahulu. Penyajiannya dengan siraman bumbu kacang dengan tumbukan tidak terlalu halus dan kecap, irisan cabe rawit plus lontong atau nasi. Satu lagi yang nggak boleh ketinggalan ada Sate Gembus.

sate-yu-rebi-5

Mampir saja ke Sate Kere Yu Rebi. Pusatnya ada di belakang Sriwedari hanya buka dari pukul 10.00—17.00 WIB. Jangan khawatir kalau malam tetap pengen mampir Sate Kere Yu Rebi tetap buka di beda warung, geser sedikit ke arah Penumping pukul 18.00—22.00. Seporsi sate dengan macam-macam jenis jeroan sapi, daging dan tempe gembus bisa kamu dapatkan dengan harga mulai Rp.30.000,-

Penasaran rasanya? Ayo ke Solo!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here