Roti Ganep Tradisi Solo: Toko Oleh-oleh Khas Solo yang Masyhur dengan Roti Kecik-nya

0
307

Roti Ganep Tradisi Solo merupakan toko oleh-oleh khas Solo yang mesti ada di list destinasi jalan-jalanmu saat ke kota Solo nih. Toko Roti Ganep ini berlokasi di Jalan Sutan Syahrir No. 176 Tambaksegaran, Solo.

Jika kamu sedang berjalan-jalan di kawasan Titik Nol Kota Solo, Gladag, Pasar Klewer, Balaikota, atau Pasar Gede, itu berarti lokasimu sudah dekat dengan Toko Roti Ganep. Toko roti ini merupakan toko roti tertua di kota Solo lho. Jangan ragu buat mengarahkan kemudi mobilmu, atau bisa naik becak ke arah Tambaksegaran, dekat dengan kawasan Pasar Legi.

Dikutip dari laman resmi www.rotiganep.com, Ganep merupakan nama pemberian Sinuhun Paku Buwono X atau Raja Keraton Solo ke-10. Ganep memiliki arti lengkap, utuh, sehat dan waras. Toko ini eksis hingga kini di generasi kelima. Ny. Auw Like Nio atau Nyah Ganep merupakan perintis Roti Ganep.

Istimewanya dari Roti Ganep adalah produk unggulan berupa roti kecik. Roti kecik ini sebutan untuk roti kering yang berukuran sebesar jari anak berbentuk lonjong. Selain itu, bahan utama berupa tepung ketan yang disangrai adalah bagian yang tak terpisahkan dari cerita di balik eksistensi Roti Ganep. Aroma kayu manis dan rempah lainnya pun turut melengkapi cita rasa khas Solo.

Uniknya lagi, Roti Ganep menasbihkan diri sebagai roti rendah kolesterol dan cara pembuatannya pun tidak berubah sejak tahun 1881. Tanpa bahan pengawet, pemirsa.

Lalu, apa aja yang tersedia di Roti Ganep? Ada beragam kudapan dan cemilan khas Solo yang bisa kamu dapatkan di sini. Ada roti kecik, roti kecik kecok, grubi ungu, usus goreng, kering benik, egg rolls, paru goreng, malkish mini, soes, rambak, semprong, sale lidah, abon sapi manisdan masih banyak varian serta jenis makanan yang cocok banget jadi oleh-oleh untuk kerabat, keluarga, teman dan sahabat terbaikmu.

Tak hanya olahan roti kering, ada beragam roti basah berupa roti pisang, roti santen, roti krumpul, roti enten, cake kismis, mandarin, brownies, blackforest, serta roti blouder.

Jika bosan dengan makanan rasa manis ada juga keleman atau jajan pasar berupa kroket, resoles, timlo goreng, keju pan, martabak, klepon, semar mendem, arem – arem, lemper, dan masih banyak lagi. Bahkan kini Roti Ganep juga menyediakan paket catering, nasi box dan paket meeting.

Roti kecik dengan beragam ukuran dari 45 gr, 90 gr, 135 gr, 200 gr, 250 gr, 400 gr, dan 600 gr bisa jadi pilihan oleh-oleh sesuai kebutuhan dan keinginanmu. Harganya pun nggakbikin kantong jebol, mulai Rp6.000—84.500,- saja. Jam operasionalnya pada hari Senin-Jumat pukul 08.00 – 16.00 WIB.

Jadi, jangan lupa mampir ke Roti Ganep Tradisi Solo, ya?

 

Wonderful Solo, Ayo ke Solo!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here