Pecel dan Sambel Tumpang Bu Kis: Kuliner Enak di Solo

0
178

Mau sarapan enak di Solo? Ada Pecel dan Sambel Tumpang Bu Kis. Di daerah belakang kantor Pengadilan Solo. Tepatnya di Jalan Gleges, Priyobadan Solo. Lokasinya tidak jauh dari THR Sriwedari, Hotel Dana atau Batik Danarhadi. Jadi jika sedang menyusuri kota Solo di area ini bisa mampir mencicipi kulinernya Solo, Pecel dan Sambel Tumpang Bu Kis.

Warung Nasi Pecel Bu Kis ini warung sederhana menyediakan Nasi Pecel dengan berbagai aneka lauk. Mulai Babat, Empal, Telor, Ayam hingga aneka jeroan makin menambah selera makan.

Sambel pecelnya di warung ini merupakan sambel khas cita rasa Solo. Tidak terlalu pedas, namun lebih dominan manis. Paduannya dengan sayur segar daun pepaya, bayem, kembang turi, kenikir, toge, dan kol disiram sambel kacang.

Menu lain yang juga istimewa ada Sambel Tumpang. Sambel Tumpang ini bukan sambel yang diolah dan disajikan dengan cobek, melainkan diolah menjadi sayur berkuah santan. Santan dimasak dengan tempe semangit, atau tempe yang hampir busuk. Wiiih kok gitu banget ya? Jangan salah kira dulu, tempe busuk yang dimaksud bukan tempe tidak layak konsumsi, tetapi tempe yang sudah terlihat agak menghitam dan berbau mirip terasi. Apalagi ada tambahan krupuk rambak yang dimasak bersama santan (cecek), sambel, dan tempe. Paduan yang endes. Katanya sih yang bikin enak dan istimewa ya bahan tempe semangit ini. Meski demikian, rasanya perlu dicobain, bakalan ketagihan malah.

Selain pecel dan sambel tumpang, ada juga menu kuliner khas kota Solo lainnya seperti Selat Solo, Gudangan & Trancam (urap khas Solo), dan Tahu Acar.

Cobain deh, bisa sarapan, brunch, atau makan siang. Warung Pecel Bu Kis ini buka jam 07.00—14.00 (Minggu libur).

Warung Pecel Bu Kis
Jl. Gleges, Priyobadan, Solo (belakang Pengadilan Negeri Solo)
Telpon: 0271 730645,
Buka 07.00-14.00

Jadi, kapan mau ke Solo?

Wonderful Solo, Ayo ke Solo!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here