Nasi Liwet Bu Wongso Lemu, Gurihnya Kuliner ini Bikin Kangen ke Solo

0
658

Ke Solo wajib rasanya makan Nasi Liwet. Nasi ini merupakan nasi gurih yang ‘dipincuk’ atau disajikan di atas daun pisang bersama suwiran ayam, sayur labu siam, telur, dan kumutatau aréh(semacam bubur santan). Gurih karena nasi dimasak bersama santan, lauknya berupa ayam yang disuwir atau pilihan bagian ayam favoritmu.

liwet-wongso-lemu liwet-wongso-lemu-2

Ada beragam pilihan mulai dari ingkung (ayam kampung yang dimasak utuh dan diberi bumbu opor, kelapa dan daun salam), dada, paha, sayap hingga ceker dan jeroan ayam, seperti ampela dan ati ayam.

Di atas nasi liwet disiram kuah sayur labu siam yang khas agak pedas, gurih, dan sedikit manis. Jika merasa kurang pedas, bisa juga ditambahkan cabe rawit yang sudah tersaji di mangkok yang berbeda.

liwet-wongso-lemu-1liwet-wongso-lemu-3

Nasi liwet yang melegenda di kota Solo salah satunya Nasi Liwet Bu Wongso Lemu. Tepatnya berada di Jalan Teuku Umar, Keprabon. Lokasinya berada tidak jauh dari area Keraton Mangkunegaran Solo.

Jika Anda berkeliling pasar Triwindu Windujenar atau Night Market Ngarsopuro, bisa menyempatkan untuk menikmati hidangan kuliner khas Solo ini. Nasi Liwet Bu Wongso Lemu mematok harga dalam kisaran cukup tinggi apabila dibandingkan dengan nasi liwet lain yang dijual di area Solo. Dengan menyiapkan nominal mulai Rp. 15.000,-, kamu bisa dapatkan nasi liwet, dan ada tambahan harga lagi tiap lauk pilihanmu. So, ada baiknya menanyakan harga di awal memesan, supaya makan tetap nyaman tanpa merasa dirugikan karena harus membayar lebih mahal dibandingkan nasi liwet lain yang berada di Solo.

liwet-wongso-lemu-5 liwet-wongso-lemu-4

Uniknya nasi liwet merupakan menu yang cocok untuk dinikmati kapan saja. Nasi liwet bisa menjadi menu sarapanmu, jelang siang, makan siang, sore, atau makan malam. Tetapi, untuk bisa menikmati gurihnya Nasi Liwet Bu Wongso Lemu, Anda bisa datang ke lokasi saat jam buka pada malam hari, yaitu pukul 18.00—24.00 WIB.

Untuk membuktikan kalau nasi liwet ini bikin kangen, Nasi Liwet Bu Wongso Lemu ini rela buka 24 jam hanya saat lebaran tiba. Tentu saja untuk memuaskan rasa kangen para pemudik yang ingin cari tombo kangen Solo dengan makan sego liwet atau nasi liwet. Jadi, mau cari tombo kangen Solo? Mampir saja ke Nasi Liwet Bu Wongso Lemu.

Ayo ke Solo!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here