Jika kamu berniat wisata belanja di Pasar Klewer Solo, Pusat Grosir Solo (PGS) atau Beteng Trade Centre (BTC), ada tempat makan siang recommended buatmu lho di sekitar situ. Tengkleng Klewer Bu Edi, salah satu tempat makan fenomenal. Pengunjungnya rela antri bahkan sebelum warung dibuka. teng-5

Kenapa bisa sampai gitu ya? Tengkleng Solo ini merupakan makanan olahan dari daging kambing. Hampir mirip seperti gule, tapi kuah tengkleng tak sekental kuah gule. Banyak warung yang menjual menu serupa, tapi Tengkleng Klewer Bu Edi tetap jadi favorit para pelancong dan penikmat kuliner Solo.

Tengkleng ini dijual di pinggir jalan, di kawasan utara Pasar Klewer dan tepat menempel di dinding Gapura Klewer. Bukan warung ala restoran yang akan anda temui, namun hanya warung tenda sederhana. Warung boleh sederhana, tapi rasanya melegenda dan menjadi kuliner enak khas kota Solo. teng-1

Di Tengkleng Klewer Bu Edi ini, tengkleng disajikan dengan cara dipincuk atau daun pisang yang hanya dilipat di satu sisinya dan direkatkan dengan potongan lidi. Istimewa memang untuk sajian berkuah namun dinikmati dengan cara semacam itu. Rasanya pun lezat dan gurih.

teng-4

Khasnya makan tengkleng adalah nyesepi balungan atau menikmati daging di antara tulang. Tengkleng memang dibuat dari tulang kambing tetapi masih ada daging-daging empuk yang menempel dan dapat dimakan. Ada tengkleng iga, lidah, sumsum, kaki, mata, dan pipi kambing. Kuah yang pedas-manis-gurih pun menambah sensasi makan kambing yang berbeda.

tengkleng klewer bu edi

Jangan sampai menyesal karena kehabisan, Guys. Meski telah menyiapkan banyak porsi, tak jarang pengunjung gigit jari lho. Menu istimewa Tengkleng Klewer Bu Edi ini bahkan kerap dipesan khusus untuk sajian di acara pejabat negeri kita. Terkadang baru satu jam dagangan digelar, sudah habis ludes. Memang sajian khas kota Solo ini cocok untuk semua kalangan, dari masyarakat umum hingga pejabat.

Jam buka Warung Tengkleng Klewer Bu Edi ini pukul 12.30 WIB hingga habis. Harganya mulai Rp. 25.000,-. Buat kamu yang mau mencicipi cita rasa khas kuliner Solo yang melegenda ini, ayo ke Solo!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here