Kuliner di Solo: Segernya Mie Toprak & Es Dawet Gempol Pleret Mangkuyudan

0
172

Di Mangkuyudan Solo, ada dua kuliner khas Solo yang jadi menu andalan. Makanan dan minuman khas Solo ini dijual sekaligus dalam satu tempat. Ada Mie Toprak dan Es Dawet Gempol Pleret Solo ini bisa dinikmati segernya saat siang hari di Warung Pak Suharto.

Mie Toprak Solo ini beda lho dengan Ketoprak Jakarta. Mie Toprak khas Solo merupakan makanan berkuah kaldu bening yang berisikan mie, irisan daging sapi, irisan tahu dan tempe goreng, risol, cakue, bakwan, tauge, kol, kacang tanah goreng, juga bihun. Setelah diracik dalam mangkok, semua bahan diguyur kuah kaldu yang segar dan panas, tak jarang irisan tomat sebagai pelengkap kuah ikut nyebur dalam mangkok. Mak Nyus segere!

Paling enak kalau ditambah sedikit cuka, dan juga irisan cabe rawit. Tak ketinggalan taburan bawang goreng dan juga daun seledrinya. Semangkok kesegaran dan kelezatan mie toprak ini bisa kamu dapatkan cukup dengan harga Rp 10.000,- saja.

Belum selesai ini cerita segernya, temennya mie toprak di warung ini ada Es Dawet Gempol Pleret. Hampir sama sih dengan es dawet yang kita kenal, kuah santan gurih manis gula jawa dengan potongan es, tapi perbedaannya pada isi dawetnya.

Gempol Pleret adalah nama dua jenis bahan utama Es Dawet Gempol Pleret. Gempol adalah sebutan bulatan-bulatan berwarna putih agak pipih terbuat dari meniran (pecahan bulir padi), sedangkan Pleret, terbuat dari adonan tepung dan sedikit gula jawa berwarna coklat pucat. Tiga buah gempol, dawet cendol ijo, dan bebrapa pleret dalam mangkok. Gempol pleret dan cendol dicampur jadi satu dengan kuah santan dan gula jawa, ditambah bongkahan es. Rasa manis dan gurihnya pas. Seger banget guys! Murah pula, Cuma Rp 5.000,- /porsinya.

Jika kamu mau icip Mie Toprak dan Es Dawet Gempol Pleret Mangkuyudan, kamu bisa datang ke Jalan Sri Rejeki Dalam 7 No 34 Mangkuyudan, Laweyan, Solo (Sebelah Utara Sabar Motor). Lokasinya nggak jauh dari Solo Grand Mall juga area Manahan. Kamu cukup ke arah selatan dari Manahan juga Solo Grand Mall. Lokasinya pun berdekatan dengan Masjid Tegalsari, Pondok Ta’mirul juga Pondok Al-Muayyad Solo. Sayangnya saat bulan puasa, dan hari jumat, warung pak Suharto ini tutup total. Harap sabar nunggu lebaran nanti ya. Bisa icip saat kamu mudik ke Solo. Recommended kulinernya Solo ini.

Selain menu andalan mie toprak dan es dawet gempol pleret, ada juga menu sop matahari juga sop galantin. Seger-segeran pokok’e!

Jadi, kapan mau ke Solo icip Mie Toprak dan Es Dawet Gempol Pleret?

Wonderful Solo, Ayo ke Solo!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here