Intip Mbah Boniyem: Oleh-Oleh Khas Solo, Cemilan dari Nasi yang Renyahnya Bikin Ketagihan

0
194

Cemilan tapi dari nasi? Masak ada sih? Ada dong, cuma ada di Solo nih. Intip Goreng namanya. Intip itu apa ya? Intip adalah sebutan dari kerak nasi khas Solo.

Menanak nasi di atas kendil atau panci tebal tradisional, lalu dicetak di periuk cekung berbentuk melingkar itulah cara pembuatan intip. Setelah nasi tercetak di periuk cekung, diangkat, lalu digoreng hingga renyah hingga menjadi intip goreng. Kemripik, Guys. Belum lagi tambahan saos kinca rasa manis, atau taburan garam yang menambah rasa intip semakin endes. Cocok banget jadi cemilan ditemani teh atau kopi di pagi atau sore hari.

Yang bingung mau cari oleh-oleh khas Solo yang enak apa ya? Mampir saja ke Intip Goreng Mbah Boniyem. Tempatnya di Pasar Gede Solo, kios 78. Di dekat dengan kawasan parkir bagian Utara Pasar Gede, akan dengan mudah kamu dapati kios Intip Bu Boniyem.

Terdapat beberapa pilihan intip, ada intip ukuran kecil, ukuran biasa dan utuh, atau jika mau yang lebih ekonomis harganya bisa beli yang remukan atau sudah tidak utuh bulat dan terbagi menjadi beberapa bagian.

Intip digoreng dan disajikan langsung saat itu juga, jadi intip yang dibeli oleh pelanggan masih hangat dan renyah. Ada dua varian rasa, manis dan gurih. Dua-duanya endes guys!

Intip Jawa Mbah Boniyem ini buka setiap hari pukul 06.30—16.00 WIB. Mbah Boniyem sudah berjualan sejak 1945. Harga intip di sini kisaran Rp50.000,-/kg, bisa dibeli per kemasan ataupun setengah, seperempat kilo.

Kalau mampir ke Pasar Gedhe Solo, jangan Cuma beli Es Dawet Selasih, atau beli jajanan tradisional lainnya, jangan lupa beli oleh-oleh khas Solo yang satu ini. Intip Goreng Mbah Boniyem.

Jadi, kapan mau ke Pasar Gedhe Solo beli Intip Goreng Mbah Boniyem?

Wonderful Solo, Ayo ke Solo!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here