Hand Lettering, Bukan Tulisan biasa!

0
963

(11/03) Komunitas YOT Solo mengadakan Mini Workshop Hand Lettering bersama komunitas Surakarya

surakarya-4 surakarya-3

Apa sih Hand Lettering itu?
Penasaran apa itu Hand Lettering?

surakarya-5 surakarya-6

Hand Lettering adalah seni menggambar huruf atau tulisan.

Mungkin sekilas hampir terlihat mirip dengan menulis biasa, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam lettering yang sedikit berbeda dengan menulis biasa. Diantaranya, teknik penulisan dan alat yang digunakan untuk lettering.

Alat apa saja yang dibutuhkan untuk lettering? Ini dia:

  1. Kertas Polos atau Buku Tulis. Bagi kamu yang masih beginner akan lebih mudah belajar lettering dengan menggunakan kertas bergaris, untuk memperkirakan proporsi tinggi, kemiringan dan ketebalan tulisan.
  2. Penggaris, Pensil 2B dan Penghapus
  3. Spidol Kaligrafi. Spidol kaligrafi biasa dijual di toko buku atau toko alat tulis. Merknya Pilot atau Snowman. Ukuran Spidol kaligrafi pun bervariasi mulai dari 10, 20 hingga 30. Kamu bisa pilih ukuran spidol sesuai selera atau kebutuhan tulisan yang mau dibuat.
  4. Pena Kaligrafi dan Tinta. Pulpen Kaligrafi terdiri dari 2 bagian, Pen Holder dan Nib (Ujung Pena). Ada 2 jenis Nib, yang pertama adalah Nib yang berujung lebar yang biasanya digunakan untuk Foundational Hand, Italic, Gothic /Blacletter. Yang kedua adalah Nib yang ujungnya tipis dan akan melebar jika ditekan, biasanya digunakan untuk menulis Copperplate.
  5. Tuttorial. Nah persiapan terakhir yang kamu butuhkan untuk lettering adalah Tutorial. Tutorialnya bisa dari video youtube ataupun buku panduan lainnya. Diantara buku panduan yang biasa kamu jadikan acuan untuk belajar lettering ada: Calligraphy Studio – Christopher Calderhead dan The Art of Calligraphy – David Harris.

surakarya-8 surakarya-9 surakarya-10 surakarya-11 surakarya-12 surakarya-13

Salah satu tujuan diadakannya mini workshop Hand Lettering ini adalah untuk memperkenalkan lettering kepada anak muda yang ada di Solo. Sekaligus memberdayakan potensi pemuda yang memiliki skills di bidang seni tulisan.

surakarya-1 surakarya-7

Wah seru ya sepertinya, menggambar bentuk tulisan.

Penasaran ingin mencobanya? Ayo coba sekarang juga!

Terus berlatih agar tulisanmu semakin indah yaa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here