Candi Plaosan: Simbol Kisah Cinta Beda Agama Peninggalan Bersejarah Mataram Kuno

0
29

Ada salah satu tempat wisata berupa candi bersejarah, eksotis dan letaknya tak jauh dari Candi Prambanan. Candi Plaosan terletak di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Berjarak kira-kira satu kilometer ke arah timur dari Candi Sewu atau dua setengah kilometer dari candi Prambanan. Candi Plaosan biasa juga disebut candi kembar. Candi ini memiliki bentuk candi yang padat dan terlihat eksotik. Tinggi candi sekitar 21 meter.

Tau gak siih, Candi Plaosan merupakan candi yang dibangun Rakai Pikatan, Raja Keenam Mataram Kuno. Candi ini dipersembahkan untuk permasurinya. Namanya Pramudyawardani. So sweet banget ya!

Dikisahkan kisah cinta mereka tak direstui karena perbedaan agama, budaya dan prinsip. Namun, atas nama cinta, mereka pun tetap menikah.

Candi ini menjadi saksi bisu kisah cinta beda agama Rakai Pikatan dan Pramudyawardani. Ahhaay! Betapa bisa kita lihat harmonisasi dari agama Hindu dan Buddha di candi Plaosan ini lewat relief-relief yang dipahat di dinding candi, Asli, Cakep ya!

Dahulu, candi ini digunakan sebagai tempat menyimpan naskah kanonik pendeta Buddha.Candi Plaosan terdiri dari Candi Plaosan Lor, Candi Plaosan Kidul, dan beberapa candi pewara.Candi Plaosan Kidul dikelilingi oleh 8 candi kecil yang terbagi menjadi dua tingkat.Dari atas candi Plaosan terlihat pemandangan hijaunya pepohonan. Reruntuhan batu candi dapat kita lihat di sekitar area candi Plaosan.

Sunset dan juga sunrise di sini bagus banget loh.Para pemburu sunrise dan sunset, bisa banget nih jadikan Candi Plaosan ini salah satu spot terbaik untuk menikmati fajar dan senja di sini.

Wonderful Solo, Ayo ke Solo!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here