Best photo spot di Wonogiri: Pesona Aneka Puncak Bukit di Kawasan Geopark Karst Warisan Dunia

1
733

Mau wisata ke Raja Ampat, tapi kok jauh ya sampai Papua?! Tabungan belum cukup, nggak ada teman travelling, atau belum berani jadi solo traveler. Tenang! Ada tempat recommended buatmu tidak jauh dari kota Solo dan mirip dengan kawasan wisata Raja Ampat. Bahkan, beberapa view tempat ini mirip dengan pemandangan Chocolate Hills di Filiphina? Penasaran dimana? Di Wonogiri, Guys.

cumbri-2Wonderful Solo kali ini akan berbagi pengalaman tentang perjalanan menikmati pemandangan dari puncak beberapa barisan ribuan bukit yang mempesona di Wonogiri, di antaranya yaitu Gunung Besek, Bukit Cumbri, dan Puncak Secokro. Aneka pesona warisan geologi yang unik dan langka ini termasuk Kawasan Geopark Karst Gunung Sewu.

Geopark Karst Gunung Sewu diakui sebagai Geopark International

Kawasan Geopark atau Taman Bumi Karst Gunung Sewu ini adalah warisan bumi terbentang alam karst tropis yang sangat fenomenal di tiga kabupaten sekaligus tiga provinsi yang berbeda. Kawasan yang memiliki warisan geologi (geological heritages) yang unik dan langka, memiliki nilai ilmiah yang kuat, serta memiliki nilai estetika yang tinggi biasa disebut sebagai Geopark.

besek-9

Fyi, 19 September 2015 lalu Geopark Gunung Sewu ditetapkan sebagai situs warisan dunia dalam konferensi Asia Pasifik Geopark Global Network di Sanin, Kaigan, Jepang. Wow! Wonderful, kan?

Wonogiri termasuk dalam salah satu kabupaten dengan kawasan geopark tersebut. Dua lainnya ada Kabupaten Pacitan dan Kabupaten Gunungkidul. Uniknya lagi, ketiga kabupaten ini berada di tiga provinsi yang berbeda, yaitu Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Jadi eksplorasi tempat travelling di sini, kamu bisa merasakan beberapa view menakjubkan yang berada di tiga titik provinsi yang berbeda. Elok, nde!

agramas-2agramas-11

Istimewanya lagi, tim Wonderful Solo bersama beberapa kawan media Solo dan 10 pemenang giveaway beruntung menikmati perjalanan menyenangkan ke Wonogiri menggunakan Bus Double Decker Agra Mas alias bis tingkat. Bus dari PO Agra Mas ini masih gris atau baru. Bus dengan mesin The New Mercedes Benz OC 500 RF 2542 ini adalah bus yang rencana pada Mei 2017 mendatang akan beroperasi Wonogiri—Jakarta.

Ini alasan kenapa Raja Ampat van Solo wajib dikunjungi

Edisi spesial Wonderful Solo Explore Wonogiri ini ada beberapa tempat pilihan yang menjadi destinasi. Ada tiga lokasi yang menjadi pilihan eksplorasi awal tim Wonderful Solo yaitu Gunung Besek, Bukit Cumbri, Puncak Secokro. Ketiganya berada di Wonogiri Timur.

secokro-4

Demi menemukan pesona pemandangan dari atas Gunung Besek, Bukit Cumbri dan Puncak Secokro, tim Wonderful Solo rela mendaki bukit itu. Lalu, apa hubungannya dengan Raja Ampat?

Jadi, ketiga tempat yang menjadi destinasi Wonderful Solo ini terdapat view yang menakjubkan layaknya barisan bukit di Raja Ampat Papua sebagai latar pemandangan indah nan mempesona. Ribuan bukit batuan gamping merupakan bukit kerucut (conical hills) dan bukit melengkung (sinusoid hills) menghiasi hampir seluruh kawasan geopark Gunung Sewu.

besek-5

Daerah Gunung Sewu merupakan kawasan karst tropik yang cantik dan terluas di Asia tenggara. Terdapat National Geopark lain di Indonesia, ada Geopark Batur di Bali, ada Danau Toba di Sumatera Utara, ada Gunung Rinjani di NTB, ada Merangin di Jambi, dan ada Raja Ampat di Papua.

secokro-5

Karst Gunung Sewu adalah tipe karst tropis yang bercirikan bukit-bukit setengah bola, dan berlereng cembung, serupa yang terdapat di negara Jamaika, negara Filiphina dan Dalmatia di negara Kroasia. Proses pembentukan sekitar dua juta tahun yang lalu, kawasan di Gunung Sewu dikendalikan oleh struktur biologi, seperti patahan dan retakan yang memfasilitasi masuknya air hujan ke dalam lapisan batu gamping yang lebih dalam. Pengangkatan batuan gamping ini ke atas permukaan air laut ini membuat batu gamping mengalami proses pelarutan oleh air membentuk bentang alam karst.

topografi
Topografi Keadaan Bumi Kawasan Karst – Sumber Foto

Tak perlu repot membawa jaket tebal karena khawatir puncak bukit di sini dingin, guys. Bekal sun block justru iya banget. Pasalnya, meski pemandangan dari atas bukit sangat memanjakan mata, namun di Gunung Besek, Bukit Cumbri dan Puncak Secokro cukup panas menyengat kulit. Beruntung jika mendung bergelayut manja waktu kamu berhasil mencapai puncaknya dan ber-selfie ­ria.

besek-3

Sebenarnya, keindahan dan keunikan Geopark Gunung Sewu ini sudah dikenal sejak lama. Ada peneliti Jerman bernama Frans Wilheim Junghuhn telah menggambarkannya dalam sebuah lukisan saat berkunjung di kawasan ini pada tahun 1851.

Jauh-jauh dari Jerman Frans Wilheim Junghuhn meneliti kekayaan alam Indonesia khususnya Jawa dan berhasil menghimpunnya di buku “Lukisan Jawa”. Terus mosok kamu kalah sama Pakdhe Junghuhn? Belum pernah main ke Kawasan Geopark Karst Warisan Dunia dan menikmati keindahan geological heritages di Wonogiri ini.

cumbri-4

Penasaran sama pesona Gunung Besek, Bukit Cumbri dan Puncak Secokro?
Jangan lupa cek video perjalanan Wonderful Solo dan Diary Journal-nya ya.

Wonderful Solo, Ayo ke Solo!

Referensi artikel:

http://www.kompasiana.com/repermadi/mengenal-geopark-gunung-sewu-untuk-aset-pariwisata-kreatif_55d285e99fafbdf00727f2af

https://bukupintarkabupatenwonogiri.blogspot.co.id/2015/10/mengenal-lebih-dekat-kawasan-geo-park.html

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here