Gunung Besek, Destinasi Asyik bagi Pendaki Pemula di Wonogiri.

0
497

Ada beberapa rekomendasi gunung yang bisa jadi tujuan para pendaki pemula nih, Guys. Salah satunya Gunung Besek di Wonogiri. Puncak gunung ini punya view yang ciamik. Cocok masuk list tujuan piknikmu, nih.

Di Puncak Gunung Besek, kamu bisa melihat keindahan alam dengan bebatuan yang bertumpuk-tumpuk. Ketinggiannya berkisar 850 MDPL. Tepatnya ada di Desa Bugelan, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri, yang juga berbatasan dengan Desa Plosorejo.
Jarak tempuh yang kamu butuhkan jika berangkat dari Solo, kurang lebih 3 jam atau 2 jam dari Wonogiri Kota. Dari pemberhentian motor atau mobilmu, kamu harus trekking kira-kira 15 menit mendaki bukit yang curam dengan batuan-batuan eksotis. Hati-hati ya Guys, pemandangan di sini memang memanjakan mata, tapi keselamatan juga harus jadi yang utama. Batuan puncak berupa batu berpermukaan datar kurang lebih 5 meter persegi. Keren, sekaligus ekstrim.

Bagi kamu yang punya ketakutan terhadap ketinggian, tempat ini memang bukan pilihan tepat jadi destinasi wisatamu. Tetapi, fyi, keindahan panorama alam yang disajikan dari tebing-tebing batu ini nampak seperti pemandangan di Tebing Keraton yang terletak di Bandung, lho. Bahkan, jika kamu bandingkan pemandangan di sini tak kalah dengan view yang tersaji di Chocolate Hills di Filipina.

 

Bila kamu dari Solo, kamu menuju ke Wonogiri, lalu Purwantoro. Di Purwantoro, kamu menuju ke arah Jeruk, Pakisbaru, Nawangan  berlanjut ke Dusun Miri-Desa Plosorejo-dan Desa Bugelan. Jangan malu bertanya ya, nanti tersesat kemudian. Jika dari arah Ponorogo menuju Purwantoro, ikuti rute seperti rute dari Purwantoro di atas. Jika dari arah Pacitan, akan melewati jalur Pacitan-Arjosari-Nawangan-Monumen Jendral Soedirman Pakisbaru-Desa Ngromo- Kampung Cabol-Bugelan.

Siapa sangka, destinasi wisata baru unggulan Wonogiri ini dulunya hanya dimanfaatkan sebagai area untuk menjemur gabah, singkong dan hasil bumi lainnya. Tebing ini berbentuk mirip besek (tempat makanan dari anyaman bambu). Curamnya tebing dan pesona panorama di bawah tebing dari mulai sungai, hutan, sawah, rumah penduduk mengecil dalam pesona. Berburu sunrise dan sunset pun juga bisa kamu lakukan di sini.

Jadi, kapan kamu mau ke Gunung Besek?

Ayo ke Solo!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here